Kamis, 22 Desember 2011

Sauto TEGAL

Sauto TEGAL ??

kayak apa sih??
klo untuk sebagian orang asing sih mungkin ga terlalu paham sama soto yang satu ini, yang orang tau tuh mungkin Soto ayam, soto daging, soto betawi, soto lamongan, soto padang, soto madura,. dll....
klo kebanyakan soto itu selalu terpisah dengan nasinya, tapi beda dengan soto yang satu ini, soto tegal adalah soto yg langsung dicampur jd satu dengan bumbu tauco,nasi,tauge, bs dengan daging ayam,dan daging kambing (soto babat),..
klo orang tegal sendiri tentu sudah tidak asing lagi dengan soto yang satu ini, klo denger soto tegal pasti mereka teringat dengan soto di pasar senggol. soto jenggot, soto sedap malam di talang dll...karna memang disitulah awal mula berjayanya soto tegal itu yang masih mempunyai cita rasa yang khas dan legit menurut sebagian besar orang tegal tersebut....
nah klo udah ngomongin soto tegal, tentunya kita penasaran dong, apa sih bahan2nya dan bagaimana untuk membuat soto tegal tsb ?

berikut adalah resep untuk membuat soto tegal.


 











Bahan:
1/2 ekor ayam broiler, potong 4
2 liter air
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang serei, memarkan
1 sdm garam
3 sdm minyak, untuk menumis
Bahan pelengkap:
100 gr tauge, seduh air panas
100 gr usus ayam, potong-potong, goreng kering
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdm bawang goreng
Bumbu yang dihaluskan:

10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
2 cm kunyit

Bahan lainnya:

3 sdm tauco
3 cm jahe, memarkan
2 sdt gula merah iris
1 sdt gula putih
Cara membuat:
1. Rebus ayam, air, daun salam, daun jeruk, serai, dan garam hingga ayam empuk. Angkat daging ayamnya, sisihkan air rebusannya. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Angkat, suwir-suwir.
2. Tumis bumbu yang dihaluskan, tauco, dan jahe hingga matang. Masukkan ke dalam air rebusan ayam. Tambahkan gula merah. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.
3. Tata tauge, ayam suwir, dan usus ayam goreng di dalam mangkuk. Taburi daun bawang dan bawang goreng, lalu siram dengan kuahnya. Sajikan dalam keadaan hangat.
Sumber: Soto Nusantara (Tim Dapur DeMedia)

1 komentar:

  1. Tulisan yang bagus. Bisa mempromosikan kuliner asli Tegal. Salam kenal.

    BalasHapus